Minggu, 16 Agustus 2015

Hakikat Ilmu

Ilmu adlh segala bentuk pengetahuan yg diperoleh dg menggunakan akal sehat, tentang apa yg ada di langit dan di bumi yg hasil akhirnya adlh mengenal Sang Pencipta langit dan bumi itu sendiri, yaitu Allah SWT.

Contoh;
-Dg ilmu biologi, kita jd mngetahui proses terjadinya manusia. Dan ilmu ini trnyata sesuai dg ayat² d dlm kitab (alquran) yg diturunkan oleh pencipta semua manusia itu sendiri. Pdhl pd saat sblm kitab (alquran) itu diturunkan, blm prnah ada satupun kitab referensi tentang ilmu ini. (Lihat QS.22:5)

-Dg ilmu astronomi, kita jd mngetahui pembentukan bumi, garis edar bulan dan planet². Dan teori tata surya itu trnyata sejalan dg ayat² alquran, yg merupakan penjelasan langsung dr Allah sang pencipta bumi, bulan dan planet² itu. Pdhl saat alquran itu diturunkan blm ada tekhnologi apapun yg bs meneliti tata surya. (Lihat QS.21:30-33)

-Dg bljr perbankan, kita jd mengetahui cara mengelola tabungan, pinjam meminjam (hutang), gadai, dll. Dan trnyata ilmu perbankan itu jg sejalan tak terbantahkan dg kitab alquran yg diturunkan Allah sbg pedoman hidup manusia. Pdhl pd saat sblm alquran itu diturunkan blm ada satupun kitab yg mngajarkan tentang hal itu. (Lihat QS.2:282-283)

Sudah jls dan nyata sekali kebenaran alquran, bukan sm sekali rekayasa nabi Muhammad, tetapi Allah sendirilah yg mengatakannya. Maka maukah kamu beriman kpd kitab ini yg mnjelaskan tentang seluruh ilmu yg ada di jagat raya ini?

Baiklah, kembali kita membahas ILMU. Orang yg berilmu itu bukanlah yg mmpunyai gelar banyak, bukan jg yg brhasil membuat berbagai macam mesin dan robot, bukan jg yg pandai mnjawab semua pertanyaan atau hapal bnyk rumus fisika. Tetapi orang yg berilmu adlh orang yg TAKUT KEPADA ALLAH.

Ya, hasil akhir pembelajaran kita dlm bidang ilmu apapun, tujuannya bukanlah gelar, bukan ijazah, bukan krna ingin mndapat penghormatan manusia, dan bukan pula utk bs naik gaji dan pangkat.

Luruskan niat, tujuan kita bljr ilmu apapun itu adlh agar kita mengenal Allah pencipta kita dan TAKUT kepadaNya. Sekali lg sy tekankan, mendapat gelar ataupun tidak, mendapat pujian penghormatan manusia ataupun tidak, naik pangkat dan gaji ataupun tidak, yg PENTING dg ilmu yg ada dlm diri kita itu adlh kita mnjd mengenal Allah dan takut kepadaNya.

"..Sesungguhnya yg takut kpd Allah diantara hamba-hambaNya adalah ulama (orang² yg berilmu).." (QS.35:28)

(Deni bin Mu'min, saudaramu yg mencintaimu)_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku