Minggu, 16 Agustus 2015

Hikmah Dibalik Kemandulan

Landasan:
Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit &bumi. Dia ciptakan
apa yang Dia kehendaki. Dia memberikan anak² perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak² lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki. Atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki &perempuan (kepada siapa) yang dikehendaki-Nya, dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha mengetahui lagi Maha kuasa.” (QS.42:49-50)

Dari ayat tentang anak itu, mka manusia trbagi mnjd 4 golongan:
- ada yg dianugrahi anak² perempuan.
- ada yg dianugrahi anak² laki².
- ada yg dianugrahi anak² laki² &perempuan.
- ada yg tdk dianugrahi anak sm skali.

Hikmah blm dikaruniai anak:

1.Allah ingin menunjukkan bahwa Allah-lah yg maha BERKUASA atas hamba²Nya, yg menetapkan pemberian-Nya kpd siapa yg Dia kehendaki. Maka krna sebab itu, kita jd bnyk beristighfar, berdoa dan bertawakkal kpd Allah (QS.40:60).

2.Allah ingin MENGUJI kita dg KEBAIKAN &KEBURUKAN dg sebenar²nya ujian (QS.21:35). Bs jd anak dpt mmbawa kbaikan bgi ortunya, sperti nabi ismail. Dan bs jd dpt mmbawa kburukan bgi ortunya, sprti anak yg dibunuh oleh nabi khidir. Apakah dg ujian² itu kita bs selalu bersabar dan bnyk bersyukur atau tdk.

3.Allah ingin memberikan kita PAHALA KESABARAN yg tanpa batas, krna pahala yg tanpa batas ada dua; yaitu pahala berpuasa dan pahala sabar (QS.39:10). Jika kita punya uang di ATM kita dg nominal tanpa batas tentu kita senang, mka jk kita mndapatkan pahala yg tanpa batas, kita jg mestinya senang. Malaikat akan menyambut orang² yg sabar di surga dan mengucapkan selamat kpd kita (QS.25:74-76)

4.Allah ingin kita jg MENGIMANI negeri AKHIRAT. Krna kehidupan di dunia ini bnyk yg tdk sempurna, ada yg tdk memiliki penglihatan (buta) sjk lahir, ada yg tdk memiliki harta yg berlimpah, ada yg tdk memiliki kedudukan/jabatan yg mulia di sisi manusia, ada yg tdk memiliki anak, dll. Tp ketika kita bersabar dan bersyukur thdp itu semua, maka kita akan mndapatkan surga yg dsana lengkap ada apapun yg kita inginkan. Allah ingin tau dr generasi ke generasi, siapakah yg terbaik amalnya dlm ketaatan kpd Allah, apakah orang² yg telah mati ataukah kita yg masih hidup saat ini (QS.67:2)

5.Allah ingin menunjukkan bahwa syariat POLIGAMI adlh SOLUSI dr mandul ini, sprti kisah nabi ibrahim yg menikahi Hajar sbg istri keduanya, barulah ia dikaruniai anak. Selain itu, Allah jg syng kpd anak² yatim/piatu agar mreka ada yg mengurusi. Bs jd jk kita punya bnyk anak, kita akan repot dg anak sendiri sehingga tdk trpikir sm skali utk mengangkat anak² yatim atau terlantar.

Lalu apakah kita blh sedih krna blm dikaruniai anak?
Sedih blh, tp tunjukkan kesedihan itu cukup di atas sajadah anda di hadapan Allah, yg tdk blh adlh berputus asa dr rahmat Allah dan tdk blh stress. Sprti nabi Zakaria, bliau hanya sedih ktika dihadapan Allah saja, dan bliau tdk pernah berputus asa apalagi stress. Tp akhirnya krna doanya itu, Allah karuniakan kpdnya anak yg sngt spesial, Yahya. Spesial krna Allah sendiri yg memberikan nama kpd anaknya nabi Zakaria.

(Deni bin Mu'min, Arsitek Rumah Tangga)_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku