Sabtu, 15 Desember 2012

Visi, Misi, dan Motto Sangatlah Penting



Visi tujuan hidup, misi cara mencapai tujuan hidup, motto filosofi hidup

      Sebelum kereta rumahtangga Anda berjalan, Anda harus menentukan tujuan rumahtangga (baca: visi), cara mencapai tujuan itu (misi), dan melengkapinya dengan slogan penyemangat (motto) selama berjalan mencapai tujuan itu.
Contoh:
 Visi penulis pribadi: “menjadikan rumahtangga yang SuMeRo” (sukses, menentramkan, dan robbani)
Kenapa bukan rumahtangga samara (sakinah, mawaddah, rahmah)? Ya karena itu sudah termasuk ke dalam robbani itu. Kalau mau di bahas, makna dari robbani itu sangat dalam dan luas sekali. silakan Anda cari sendiri makna dari robbani di google yach..!
Adapun tentang misi, misi itu paling tidak terbagi menjadi 3;
a.       Misi tahun ini            : (diskusikan dengan pasangan Anda)
b.      Misi bulan ini           : (diskusikan dengan pasangan Anda)
c.       Misi pekan/hari ini : (diskusikan dengan pasangan Anda)
            Yang perlu diingat, dalam menentukan misi, orientasi Anda haruslah seimbang antara misi duniawi dan misi ukhrowi (akhirat). Contoh misi duniawi: membuka toko cabang di jl. Soeharjo. Contoh misi ukhrowi: menghapal surat al-mulk. Kemudian, pastikan Anda menulis misi Anda ini di dinding kamar Anda atau ruang yang bisa senantiasa Anda baca. Sediakan papantulis ukuran sedang atau lebih simple dan murah Anda bisa gunakan papan tulis berbahan kertas putih berlapis plastik (sekarang sudah banyak dijual). Oh iya, satu lagi, tulislah misi-misi Anda dengan menggunakan kata kerja aktif seperti yang saya contohkan tadi. Mengapa? Ya agar Anda yang membaca juga aktif melancarkan misi-misi yang Anda tulis tersebut dengan semangat.
         Selanjutnya motto. Inti dari kalimat motto adalah kalimat penyemangat yang bisa Anda gunakan setiap saat sebagai charger semangat Anda. Adapun motto pribadi rumahtangga kami adalah “Bersama Allah, semua menjadi mudah, semua terasa indah.” Kami memilih motto tersebut karena kadang-kadang yang menjadi faktor seseorang tidak semangat adalah karena jarang melibatkan Allah dalam usaha/ikhtiarnya dan rasa kekurang ikhlas-an, maka dari itu motto kami tertuang demikian.

 (Deni bin Mu'min)_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku