Minggu, 23 Desember 2012

77. Hindarilah Tiga, Segerakanlah Tiga




Wahai anakku.. hindarilah tanganmu dari tiga perbuatan haram; melukai diri sendiri (zholim terhadap diri sendiri), mengambil yang bukan hakmu, dan mencelakai saudaramu (dengan tangan kosong atau menciptakan sesuatu/benda yang berbahaya). Lalu segerakanlah tanganmu dari tiga perbuatan berguna; merawat diri sendiri (termasuk juga mengerjakan tugas dan kewajiban pribadi), memberikan sebagian atau seluruh hartamu kepada yang meminta ataupun kepada yang tidak meminta, dan menolong saudaramu (dengan tangan kosong atau menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak).

Dalil sandaran: “Bukanlah dari (golongan) kami orang yang menampar-nampar pipinya dan merobek-robek bajunya apalagi berdoa dengan doa-doa jahiliyah.” (H.R. Bukhari)
“Muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak menganiaya, tidak mengecewakannya, dan tidak menghinanya. Takwa itu ada disini -beliau menunjuk ke dadanya tiga kali- Sudah termasuk kejahatan seseorang bila ia menghina saudaranya yang muslim. Setiap muslim bagi muslim lainnya adalah haram baik darahnya, hartanya dan kehormatannya." (H.R. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku