Rabu, 07 Juni 2017

Hikmah Larangan Pergi Tanpa Izin Suami dan Tanpa Mahram


Mengapa Allah melarang wanita pergi keluar rumah tanpa izin suami dan tanpa mahram..??

Hikmah Pertama.. Karena sesungguhnya lelaki (suami) itu memiliki sifat cuek (kurang perhatian) kpd istrinya. Maka dari itu, setiap istri izin kepada suaminya utk pergi keluar rumah, maka sang suami akan terpancing perhatiannya. Suami akan perhatian dg menanyakannya pergi utk keperluan apa, acara apa, naik apa ke sana, ada ongkosnya​ atau tidak, perlu diantar atau tidak, dan kemudian jadi ada obrolan antara pasutri itu dg menanyakan bagaimana hasil dari acara/kegiatan itu, hasil dari silaturahim itu, dst.

Jika tidak ada aturan seperti itu, bisa jadi suami yg pada dasarnya kurang perhatian menjadi semakin cuek dan semakin kurang perhatiannya. Dan jika istri bebas pergi tanpa sepengetahuan suaminya, bisa sangat besar berpotensi untuk selingkuh bila dibandingkan dengan istri yg izin kepada suaminya.

Hikmah Kedua.. Karena salahsatu sifat wanita itu ingin dilindungi dan dijaga. Dan apabila ada seseorang yang bisa menjaga dan melindunginya, perasaan di hati wanita itu senang dan tenang. Maka dari itu, Allah ingin menjaga wanita dg cara tetap berada di rumah, dan kalaupun pergi keluar rumah dia ditemani suaminya. Ada perbedaan kebahagiaan antara istri yg pergi ke undangan atau pergi berbelanja sendirian, dg istri yg pergi dg ditemani suaminya. Tentu lebih bahagia istri yg ditemani oleh suaminya.

Jika tidak ada aturan seperti itu, bisa sangat besar kemungkinan wanita akan mudah diganggu, digoda, atau jadi korban pelecehan seksual oleh lelaki lain di kendaraan umum, dll. Jadi sebenarnya Allah sangat sayang kepada wanita dg aturan ini. Inilah aturan dari Tuhan yg paling bijaksana.

====
Allah SWT berfirman:

وَإِنَّهُ ۥ  فِىٓ أُمِّ الْكِتٰبِ لَدَيْنَا لَعَلِىٌّ حَكِيمٌ
"Dan sesungguhnya Al-Qur'an itu dalam Ummul Kitab (Lauh Mahfuz) di sisi Kami, benar-benar (bernilai) tinggi dan penuh Hikmah."
(QS. Az-Zukhruf 43: Ayat 4)

..  ۚ  فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ  ۚ  ..
"... Maka perempuan-perempuan yang saleh, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). .."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 34)_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku