Kamis, 15 Juni 2017

Untuk Apa Kita Beramal Shaleh?

Minimal ada 3 alasan mengapa kita harus beramal shaleh, ini dia:

1. Untuk memenuhi syarat masuk surga, dan mendapatkan Rahmat Allah.

Allah SWT berfirman:

إِنَّ هٰذَا لَهُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
لِمِثْلِ هٰذَا فَلْيَعْمَلِ الْعٰمِلُونَ
"Sungguh, ini (surga) benar-benar kemenangan yang agung. Untuk (kemenangan) serupa ini, hendaklah beramal orang-orang yang mampu beramal."
(QS. As-Saffat 37: Ayat 60-61)

إِنَّ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَهُمْ جَنّٰتُ النَّعِيمِ
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surga-surga yang penuh kenikmatan,"
(QS. Luqman 31: Ayat 8)

2. Untuk menghapus kesalahan dan dosa-dosa kita.

Allah SWT berfirman:

... ۚ  إِنَّ الْحَسَنٰتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ  ۚ  ذٰلِكَ ذِكْرٰى لِلذّٰكِرِينَ
"... Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah)."
(QS. Hud 11: Ayat 114)

يَوْمَ يَجْمَعُكُمْ لِيَوْمِ الْجَمْعِ  ۖ  ذٰلِكَ يَوْمُ التَّغَابُنِ  ۗ  وَمَنْ يُؤْمِنۢ بِاللَّهِ وَيَعْمَلْ صٰلِحًا يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِۦ وَيُدْخِلْهُ جَنّٰتٍ تَجْرِى مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهٰرُ خٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدًا  ۚ  ذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
"(Ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan kamu pada hari berhimpun, itulah hari pengungkapan kesalahan-kesalahan. Dan barang siapa beriman kepada Allah dan mengerjakan kebajikan niscaya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung."
(QS. At-Taghabun 64: Ayat 9)

3. Untuk kebaikan kita sendiri.

Allah SWT berfirman:

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ  ۖ  وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا  ۚ ...
"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. ..."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 7)

... ۚ  وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ  ۗ  إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
"... Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 110)_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku