Senin, 24 Juli 2017

3 Kriteria Doa yang Tidak Terkabul

Wahai anakku.. ada 3 kriteria orang yang tidak akan didengar doanya oleh Allah, ingatlah baik-baik agar jangan sampai kita termasuk di dalamnya:

1. Orang yang menyembah selain Allah (orang kafir).

2. Orang yang berdoa untuk orang kafir atau untuk orang munafik.

3. Orang yang tidak mau menuruti perintah dan larangan Allah, sedangkan dia mau agar Allah menuruti apa-apa yg dia minta dalam doanya._

====
Jika kamu bertanya mana dalilnya, perhatikanlah ini nak..

Allah SWT berfirman:

"Hanya kepada Allah doa yang benar. Berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidak dapat mengabulkan apa pun bagi mereka, tidak ubahnya seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air agar (air) sampai ke mulutnya. Padahal air itu tidak akan sampai ke mulutnya. Dan doa orang-orang kafir itu, hanyalah sia-sia belaka."
(QS. Ar-Ra'd 13: Ayat 14)

"Dan janganlah engkau (Muhammad) melaksanakan sholat untuk seseorang yang mati di antara mereka (orang-orang munafik), selama-lamanya dan janganlah engkau berdiri (mendoakan) di atas kuburnya. Sesungguhnya mereka ingkar kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik."
(QS. At-Taubah 9: Ayat 84)

Nabi Nuh dan Nabi Ibrahim juga dilarang mendoakan anak dan bapaknya yang kafir..

Allah SWT berfirman:

"Dan Nuh memohon kepada Tuhannya sambil berkata, Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku adalah termasuk keluargaku, dan janji-Mu itu pasti benar. Engkau adalah hakim yang paling adil. Dia (Allah) berfirman, Wahai Nuh! Sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu, karena perbuatannya sungguh tidak baik, sebab itu jangan engkau memohon kepada-Ku sesuatu yang tidak engkau ketahui (hakikatnya). Aku menasihatimu agar (engkau) tidak termasuk orang yang bodoh."
(QS. Hud 11: Ayat 45-46)

"Sungguh, telah ada suri teladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengannya, ketika mereka berkata kepada kaumnya, Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yang kamu sembah selain Allah, kami mengingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu ada permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja, kecuali perkataan Ibrahim kepada ayahnya, Sungguh, aku akan memohonkan ampunan bagimu, namun aku sama sekali tidak dapat menolak (siksaan) Allah terhadapmu. (Ibrahim berkata), Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkau kami bertawakal dan hanya kepada Engkau kami bertobat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali,"
(QS. Al-Mumtahanah 60: Ayat 4)

Dan untuk kriteria yg terakhir.. Allah SWT berfirman:

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 186)_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku