Kamis, 12 November 2015

Hiburan Untuk yang Belum Dikaruniai Harta & Anak


1. Harta dan anak bukanlah faktor utama utk mndapatkan keridhoan Allah kpd kita

"Dan bukanlah harta atau anak-anakmu yang mendekatkan kamu kepada Kami; melainkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda atas apa yang telah mereka kerjakan; dan mereka aman sentosa di tempat-tempat yang tinggi (dalam surga)."
[QS. Saba': Ayat 37]

2. Adanya harta dan anak belum tentu membawa kebaikan bagi kita.

"Apakah mereka mengira bahwa Kami memberikan harta dan anak-anak kepada mereka itu (berarti bahwa), Kami segera memberikan kebaikan-kebaikan kepada mereka? (Tidak), tetapi mereka tidak menyadarinya."
[QS. Al-Mu'minun: Ayat 55-56]

"Dan adapun anak muda (yg kubunuh) itu, kedua orang tuanya adlh orang beriman, dan kami khawatir kalau dia akan memaksa kedua orang tuanya kepada kesesatan dan kekafiran. Kemudian kami menghendaki, sekiranya (mudah-mudahan) Tuhan mereka menggantinya dengan (seorang anak lain) yang lebih baik kesuciannya daripada (anak) itu dan lebih sayang (kepada ibu bapaknya).
[QS. Al-Kahf: Ayat 80-81]

3. Harta dan anak² orang kafir malah menjadi malapetaka bagi mereka

"Dan janganlah engkau (Muhammad) kagum terhadap harta dan anak-anak mereka. Sesungguhnya dengan itu Allah hendak menyiksa mereka di dunia dan agar nyawa mereka melayang, sedang mereka dalam keadaan kafir."
[QS. At-Taubah: Ayat 85]
"Sesungguhnya orang-orang yang kafir, bagi mereka tidak akan berguna sedikit pun harta benda dan anak-anak mereka terhadap (azab) Allah. Dan mereka itu (menjadi) bahan bakar api neraka."
[QS. Ali 'Imran: Ayat 10]

4. Harta dan anak adlh bagian dr ujian

Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar.
[QS. Al-Anfal: Ayat 28]

"Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu."
[QS. Al-Hadid: Ayat 20]

5. Harta dan anak blm tentu bs jadi harapan utk menolong kita di akhirat

"Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amal kebajikan yang terus-menerus adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan."
[QS. Al-Kahf: Ayat 46]

"(yaitu) pada hari (ketika) harta dan anak-anak tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih,"
[QS. Asy-Syu'ara': Ayat 88-89]

(Deni bin Mu'min)_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku