Rabu, 10 Mei 2017

3 Perbedaan antara Membanggakan Diri dan Tahadduts bi Ni'mat


Apabila ada orang yg menceritakan/memberitahukan segala macam hal yg telah diperolehnya, yg telah dicapainya, yg telah dimilikinya, dan segala macam kesenangan yg telah dirasakannya.. kemungkinan orang itu sedang membanggakan diri atau dia sedang tahaddust bi ni'mat. Ini dia perbedaan antara keduanya:

1. Membanggakan diri didorong oleh rasa sombong, ingin merendahkan orang lain dan meninggikan diri sendiri. Sedangkan Tahadduts bi ni'mat didorong oleh rasa tawadhu, ingin membesarkan Allah dan ketidak adaan daya upaya diri sendiri tanpa pertolongan Allah.

2. Membanggakan Diri bertujuan agar orang-orang kagum pada dirinya. Sedangkan Tahadduts bi ni'mat bertujuan agar orang-orang dapat meniru langkah-langkah positifnya dan menasihati agar jangan meniru langkah-langkah yg salahnya, supaya Allah juga memberikan ni'mat itu kepada orang-orang yg jadi lawan bicaranya.

3. Ketika seseorang sedang Membanggakan Diri biasanya dia akan mengecilkan hati orang yg jadi lawan bicaranya. Sedangkan ketika sedang Tahadduts bi ni'mat, dia akan banyak membesarkan hati orang yg jadi lawan bicaranya.

Sudah itu saja, mudah-mudahan bermanfaat. Silakan jika ada tambahan atau koreksi. Terimakasih.

[Deni bin Mu'min]_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku