Senin, 29 Mei 2017

LEVEL-LEVEL TAQWA


1. Taqwa level BEGINNER:

Sudah bisa menjauhi dosa-dosa besar tapi terkadang masih melakukan dosa-dosa kecil.

Allah SWT berfirman:

الَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبٰٓئِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوٰحِشَ إِلَّا اللَّمَمَ  ۚ  إِنَّ رَبَّكَ وٰسِعُ الْمَغْفِرَةِ  ۚ  هُوَ أَعْلَمُ بِكُمْ إِذْ أَنْشَأَكُمْ مِّنَ الْأَرْضِ وَإِذْ أَنْتُمْ أَجِنَّةٌ فِى بُطُونِ أُمَّهٰتِكُمْ  ۖ  فَلَا تُزَكُّوٓا أَنْفُسَكُمْ  ۖ  هُوَ أَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقٰىٓ
"(Yaitu) mereka yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji, kecuali kesalahan-kesalahan kecil. Sungguh, Tuhanmu Maha Luas ampunan-Nya. Dia mengetahui tentang kamu, sejak Dia menjadikan kamu dari tanah lalu ketika kamu masih janin dalam perut ibumu. Maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dia mengetahui tentang orang yang bertakwa."
(QS. An-Najm 53: Ayat 32)

Allah SWT berfirman:

إِنْ تَجْتَنِبُوا كَبَآئِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُمْ مُّدْخَلًا كَرِيمًا
"Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu dan akan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga)."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 31)

2. Taqwa level INTERMEDIATE:

Terkadang masih melakukan dosa-dosa kecil, tapi dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Allah SWT berfirman:

وَذَرُوا ظٰهِرَ الْإِثْمِ وَبَاطِنَهُ ۥ ٓ  ۚ  إِنَّ الَّذِينَ يَكْسِبُونَ الْإِثْمَ سَيُجْزَوْنَ بِمَا كَانُوا يَقْتَرِفُونَ
"Dan tinggalkanlah dosa yang terlihat ataupun yang tersembunyi. Sungguh, orang-orang yang mengerjakan (perbuatan) dosa kelak akan diberi balasan sesuai dengan apa yang mereka kerjakan."
(QS. Al-An'am 6: Ayat 120)

3. Taqwa level EXPERT:

Selalu berhati-hati dari dosa, sangat menghindari dosa meskipun itu dosa kecil.

Allah SWT berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ هُمْ مِّنْ خَشْيَةِ رَبِّهِمْ مُّشْفِقُونَ
"Sungguh, orang-orang yang karena takut (azab) Tuhannya, mereka sangat berhati-hati,"
(QS. Al-Mu'minun 23: Ayat 57)

====
Satu kesamaan mereka pada semua level yaitu.. sama-sama takut akan azab Allah di akhirat, takut akan hisab (perhitungan amal) yang buruk.

Mereka sadar dan sangat yakin besar atau sekecil apapun dosa pasti ada perhitungannya. Dan setiap mereka melakukan kesalahan/dosa kecil, mereka langsung kembali (bertobat) kepada Allah, meminta ampunan dan memperbaiki dirinya.

Allah SWT berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ اتَّقَوْا إِذَا مَسَّهُمْ طٰٓئِفٌ مِّنَ الشَّيْطٰنِ تَذَكَّرُوا فَإِذَا هُمْ مُّبْصِرُونَ
"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila mereka dibayang-bayangi pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, mereka pun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat (kesalahan-kesalahannya)."
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 201)

.. وَيَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ وَيَخَافُونَ سُوٓءَ الْحِسَابِ
"... dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk."
(QS. Ar-Ra'd 13: Ayat 21)

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فٰحِشَةً أَوْ ظَلَمُوٓا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلٰى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ . أُولٰٓئِكَ جَزَآؤُهُمْ مَّغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَجَنّٰتٌ تَجْرِى مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهٰرُ خٰلِدِينَ فِيهَا  ۚ  وَنِعْمَ أَجْرُ الْعٰمِلِينَ

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui

Balasan bagi mereka ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan (itulah) sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 135-136)

Sudah sampai level manakah ketaqwaan kita??

[Deni bin Mu'min]_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku