Kamis, 21 Maret 2013

Dilema Jangan Lama-Lama




Dilema adalah dampak dari ketidak sinkronan antara pikiran dan perasaan, antara keinginan diri sendiri dan keinginan orang lain, serta antara harapan dan kenyataan. Pada saat dilema ada baiknya kita petunjuk kepada Allah dengan sholat istikhoroh, meminta fatwa kepada hati, dan meminta nasihat kepada orang-orang yang hatinya bersih serta akalnya jernih.
Untuk mengatasi dilema, coba ikuti saran saya berikut ini:
a.      Jika dilema itu datang dari ketidak sinkronan antara pikiran dan perasaan, pilah dan bedakanlah masalah itu baik-baik, lalu buat keputusan. Jika masalah itu adalah masalah yang logis, utamakanlah logika akal pikiran kita. Tetapi jika masalah itu adalah masalah yang sensitif, utamakanlah perasaan hati kita yang bersih/nurani.
b.      Jika dilema itu datang dari ketidak sinkronan antara keinginan diri sendiri dan keinginan orang lain, pilah dan bedakanlah masalah itu baik-baik, lalu buat keputusan. Jika masalah itu adalah menyangkut diri sendiri/pribadi, berbuatlah sesuka anda dengan memperhatikan dampak/resikonya ke depan. Jika masalah itu adalah menyangkut diri sendiri dan orang lain/sosial, berbuatlah sesuai dengan keputusan yang telah dibicarakan/dirundingkan/dimusyawarahkan bersama. Berlapang dadalah jika keputusan bersama itu kurang menyenangkan bagi anda, tetaplah bersama mereka jika keputusan itu masih berada di jalan yang benar. Kecuali jika memang keputusan itu adalah keputusan yang salah, anda boleh menghindari dan meninggalkan mereka. Analoginya anda ibarat salahsatu penumpang dalam sebuah bus, jika di persimpangan jalan sopir bus itu meminta pendapat kepada seluruh penumpang tetapi ia memilih jalan yang salah sehingga anda tahu itu menuju ke jurang, segera anda nasihati agar si sopir memutar arah atau anda meminta turun dari bus atau melompat meninggalkan bus itu sebelum bus itu masuk jurang.
c.       Jika dilema itu datang dari ketidak sinkronan antara harapan dan kenyataan, sehingga seakan-akan anda menemui jalan buntu. Jangan khawatir, satu-satunya solusi adalah meminta pertolongan kepada Allah (berdoa dan mencari petunjuk dengan Alquran), rasulNya (bersholawat dan mencari petunjuk dari hadits), dan orang-orang yang beriman (silaturahim dan curahkan semua permasalahan anda).
Insya Allah semua masalah ada solusinya. Karena semua masalah ada solusinya, maka kita tidak perlu dilema berlama-lama.

(Deni bin Mu'min)_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku