Selasa, 12 Mei 2015

Setia dalam Ikatan Kerja

Kalau menurut pak Tung Desem Waringin, seseorang itu melepaskan ikatan kerja di suatu instansi karena di dalamnya ada ketidak nyamanan atau di luar sana ada yang lebih menarik hati.

Memang sulit menjaga kesetiaan dalam bisnis, ikatannya tidak sekuat ikatan pernikahan yang Allah sebut dalam alquran sebagai "mitsaqon golizhon." Maka yang harus diupayakan oleh para pimpinan perusahaan adalah membuat mereka (para karyawan & mitra bisnis) agar mencintai anda full heart (sepenuh hati). Nah perlu diketahui, ikatan cinta yang paling kuat setelah ikatan pernikahan adalah ikatan persaudaraan karena Allah, bukan karena uang.

Ikatan pernikahan dan ikatan bisnis adalah dua hal yang berbeda;
Kunci kesetiaan kepada pasangan adalah MENUNDUKKAN PANDANGAN. Ketika pasangan anda menundukkan pandangannya dari laki-laki/wanita lain, maka ia tidak akan membandingkan anda dengan yang lain, ia tidak akan tertarik oleh ketampanan/kecantikan orang lain. Tapi anda tidak bisa samakan kesetiaan dalam pernikahan seperti kesetiaan dalam perusahaan.

Kunci kesetiaan kepada perusahaan adalah PERSAUDARAAN KARENA ALLAH. Mau sebanyak atau sedikit apapun uang/gaji yang seseorang terima di perusahaan anda, jika di perusahaan anda ada rasa persaudaraan yang tinggi, maka jatuh bangunnya perusahaan, suka dukanya perusahaan akan mereka temani dengan setia. Terbukti bahwa orang-orang yang tetap setia kepada pimpinannya di saat dia terpuruk adalah mereka yang mencintai pimpinannya karena Allah, bukan karena uang.

Namun masalahnya adalah, mereka anda tuntut untuk mencintai anda, tetapi anda tidak berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mencintai mereka.. Ingat, cinta yang karena Allah, bukan karena uang. Artinya, anda mencintai karyawan/partner bisnis anda itu bukan semata karena mereka menghasilkan uang untuk anda. Tapi karena partner anda itu taat kepada Allah dan juga sholih. Dan merekapun mencintai anda bukan karena anda menggaji/memberikan uang kepada mereka, tapi karena anda juga taat dan sholih dalam pandangan Allah dan pandangan mereka. Maka jika sudah begitu, secara otomatis akan terjalin cinta yang kokoh diantara anda dengan karyawan serta partner bisnis anda.

(Deni bin Mu'min, Arsitek Rumah Tangga)
Undang saya ke rumah/instansi anda, untuk pencerahan rumah tangga anda dkk,, GRATIS._

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabatku